Minggu, 11 Maret 2012

Kumpulan kalimat Hikmah 1


Menurut Sirah Nabawiyah, Ada tiga kategori dilihat dari karakter dan sasaran dakwah, yaitu anak-anak, remaja, dan dewasa.

Ada dua hal yang mesti kita kita ingat, yaitu kebaikan orang lain kepada kita dan kesalahan kita pada orang lain. Ada dua hal yang mesti kita lupakan, yaitu kebaikan kita kepada orang lain dan kesalahan orang lain kepada kita.
Ibnu Abbas r.a. pernah diminta waktunya sejenak oleh seseorang untuk suatu urusan yang kecil. Maka beliau berkata “Datanglah kepadaku dengan urusan besar, urusan kecil berikan kepada orang lain”.

Dari Abul Abbas Sahl ibn Sa'd al-Sa'didi r.a. berkata “seorang laki-laki mendatangi Rasulullah saw dan berkata, “Ya Rasulullah, tunjukilah aku suatu amalan yang bila aku mengerjakannya maka Allah dan manusia mencintai kepadaku”. Rasulullah saw bersabda “zuhudlah di dunia niscaya Allah cinta kepadamu. Dan zuhudlah terhadap apa yang dimiliki manusia niscaya mereka mencintaimu”.” (HR Ibnu majah, Shahihul Jami'. no. 935)

Abdullah Azzam: “Dan barang siapa menginginkan dakwah tersebut hanyalah merupakan tamasya yang menyenangkan, kata-kata yang baik, pesta yang besar dan khutbah yang terang dalam kalimat-kalimatnya, maka hendaklah ia menelaah kembali dokumen kehidupan para rasul dan para da'i yang menjadi pengikut mereka, sejak dien ini datang pertama kalinya sampai sekarang ini.